03. Cara Mengakses Internet

Layanan akses internet disediakan oleh ISP (internet sevice Provider). ISP juga disebut juga penyelengara jasa internet (PJI). ISP merupakan sebuah badan atau perusahaan yang menghubungkan computer melaui saluran komunikasi ke server ISP yang sudah terhubung ke internet atau bisa dikatakan sebagai penyedia layanan internet, perusahaan ISP terhubung ke internet menggunakan jasa ISP lain, biasanya ISP Amerika, ISP singapura, atau ISP hongkong.

Jika anda ingin mengakses internet dan terhubung dengan jaringan telepon melaui modem, maka anda dapat langsung mendaftar ke salah satu ISP (provider) yang ada dilokasi anda masing-masing atau skala nasional. Apabila anda berlangganan internet dari ISP, maka anda akan mendapat user ID dan password serta nomer dial ISP tersebut pada saat mendaftar. Contoh ISP adalah Indonet, Indosat.net. Idola.net, Lintas Artha, Radnet, Wasantara.net, Elganet, Centrin. Solonet dan lain-lainya. Selain itu juga terdapat Telkomnet Instan yang mana pengguna internet tidak perlu mendaftar dan membayar biaya langganan(abonemen) melainkan melalui pemakai pulsa telepon dan langsung ditagih melaui rekening telepon masing-masing. Saat ini, koneksi internet bisa dilakukan secara mobile, yakni bisa diakses di mana saja. Caranya dengan memanfaatkan Laptop dan modem portable atau fasilitas GPRS pada ponsel. Anda bisa juga mengakses internet pada wilayah Hotspot dengan menggunakan perangkat WI-FI.

Setiap ISP menentukan tarif tertentu kepada pelanggannya. Ada tiga sekema tariff yang biasanya dilakukan, yaitu: Time based, Volume based, Unlimited.

  • Time based artinya tarif internet dikenakan berdasarkan lamanya pemakaian. Misalnya untuk Telkomnet instan dikenakan tarif Rp.165,00/menit (sudah termasuk pajak).
  • Volume based tarif internet dikenakan berdasarkan beban pemakaian, biasanya dihitung dalam satuan per kilobyte data. Misalnya untuk indosat GPRS dikenakan tarif RP.10,00/kb.
  • Unlimited tarif internetnya dikenakan tidak tergantung lama maupun besarnya pemakaian tarif yang dikenakan biasanya sama setiap bulannya, misalnya untuk Speedy office dikenakan tarif Rp.750.000,00/bulan.
Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2200587-cara-mengakses-internet/#ixzz25xTNRFLw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: